Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan UNIGA

Korelasi Minat Terhadap Fisika dengan Hasil Belajar Siswa SMA pada Domain Pengetahuan Faktual dan Konseptual

Asep Irvan Irvani (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara minat siswa terhdap fisika dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar yang dimaksud difokuskan pada dimensi pengetahuan faktual dan konseptual. Penelitian dilakukan di salah satu SMA di Kota Bandung pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data minat siswa terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan angket skala bertingkat. Sedangkan pengumpulan data hasil belajar siswa berupa pengetahuan faktual dan konseptual diperoleh melalui instrument test yang sudah diuji coba dengan nilai reliabilitas 0,96. Hasil angket menunjukan bahwa 41% siswa setuju terhadapa pernyataan pada angket. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa adalah 53 dari skala 100. Hasil perhitungan menunjukan bahwa secara signifikan (p = 0,004) koefisien korelasi r sebesar 0,476. Disimpulkan bahwa terdapapat korelasi positif antara minat siswa terhadap fisika dengan hasil belajar siswa pada dimensi pengetahuan faktual dan konseptual.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...