RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa
Vol. 1 No. 1 (2015): April 2015

Pelanggaran Sendi-Sendi Gaya Bahasa Pada Iklan Tv

Desak Putu Eka Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis. Sebuah gaya bahasa yang baik harus mengandung tiga unsur berikut: kejujuran, sopan santun, dan menarik (Keraf, 1991: 113).  Bahasa iklan merupakan bahasa yang sangat kaya, baik gaya maupun pilihan katanya.  Penulis iklan terkenal senang bermain dengan kata-kata dan memanipulasi atau mengubah makna yang sebenarnya sehingga sering terjadi pelanggaran terhadap sendi-sendi gaya bahasa.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa yang digunakan pada iklan TV dan menelaah pelanggaran terhadap sendi-sendi gaya bahasa yang terdapat pada iklan TV.  Data pada penelitian ini diambil dari iklan makanan yang ditayangkan di stasiun TV swasta, yaitu iklan Mie Sedaap Cup, Wafer Tango, dan Energen Sereal.  Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori gaya bahasa dari Keraf (1991).  Hasil penelitian menunjukkan terjadi pelanggaran terhadap sendi-sendi gaya bahasa pada data iklan yang digunakan dalam penelitian ini.  Namun uniknya, pelanggaran tersebut justru membuat iklan-iklan tersebut menjadi lebih menarik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jret

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 2406-9019 (Print ISSN), 2443-0668 (Electronic ISSN) is the Journal of Linguistics who published research articles and of theoretical articles in linguistic science which published by Linguistic Department, Postgraduated Program, Universitas Warmadewa. The journal is ...