JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 2 No 02 (2019): Vol. 02 No. 02 Juli 2019

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

Yetti Novriyanti Hutagalung (Unknown)
Rahmatika Elindra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenggambarkankeefektifanpenggunaan model pembelajarantreffingerpadakemampuanpenalaranmatematissiswapadasiswakelasVIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.Penelitianinidilakukandenganmenerapkaneksperimen (one group pre-test post-test design) dengansampel 27 siswadandiambildenganmenggunakanteknik cluster random sampling dari 283 siswa. Pengamatandantesdigunakandalammengumpulkan data.Berdasarkananalisisdeskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajarantreffingeradalah 3,00 (kategoribaik) dan (b)Rata-rata kemampuanpenalaranmatematissiswasebelummenggunakan model pembelajarantreffingeradalah 50,48 (kategorisedang) dansetelahmenggunakan model pembelajarantreffingeradalah 81,84 (kategorisangatbaik). Selanjutnya, denganmenggunakanformulasi N-Gain, hasilnyamenunjukkan G = 0,69 (rata-rata efektif)untukkemampuanpenalaranArtinya Pengggunaan model pembelajarantreffingerefektifpadapenalaranmatematis siswapadasiswakelasVIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...