JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 3 No 3 (2020): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Vol. 3 No. 3 November 2020

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARANMATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Wiwik Novitasari (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Fitriani . (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Syarifah Tulmardiah Nasution (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) pada pokok bahasan matriks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA2 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Hasil persentase tes kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I sebesar 46,67% menjadi 86,67% pada siklus II dan peningkatan jumlah persentase peningkatan tes kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 40%. Aktivitas siswa dalam belajar meningkat, hal ini diperoleh dari persentase 63,71% pada siklus I dan 81,03% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 17,32%. Kinerja guru dalam mengelola kelasmeningkat dengan perolehan persentase pada siklus I sebesar 78,76% dan 98,87% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 20,11%. Hasil akhir dari penelitian ini adalah memperlihatkan bahwa model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan matriks di kelas XI-IA 2 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...