Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah dasar masih rendah sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran terutama: (1) belum optimalnya penerapan pendekatan tematik,. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah menerapkan TIK dengan cara mengembangkan multimedia tematik berpendekatan saintifik untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa SD. Multimedia dikembangkan menggunakan model 4D yang terdiri atas: define, design, develop, disseminate. Validitas multimedia dilakukan melalui pengujian pakar 3 orang dan kemenarikan multimedia diketahui melalui uji perorangan 3 orang, uji kelompok kecil 12 orang, dan uji lapangan 21 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dan tes. Implementasi multimedia di kelas II SD menggunakan desain one group pretest-posttest. Data dari kuesioner dianalisis secara deskriptif dan skor tes dianalisis menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vadilitas multimedia dari aspek isi, media, dan desain pembelajaran berada pada kategori “sangat baikâ€. Kemenarikan media pada uji perorangan, kelompok kecil, dan lapangan berada pada kategori “sangat baikâ€. Hasil uji statistik wilxocon diperoleh signifikansi 0,001<0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia tematik berpendekatan saintifik efektif meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas II sekolah dasar. Multimedia yang diterapkan berimplikasi pada meningkatnya motivasi belajar, memudahkan siswa memahami materi di masa pandemi covid-19, dan memudahkan guru menerapkan tematik berpendekatan saintifik.
Copyrights © 2020