E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 8, No 2 (2020): E-Tech

Pemanfaatan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Digital Native dalam Rangka Pemerolehan Bahasa Inggris

' Fitri Maiziani, Winanda Amilia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Perkembangan dan pemanfaatan teknologi telah merambah ke berbagai lini kehidupan. Generasi yang lahir pada era Digital Native telah mengenal dan memanfaatkan teknologi sedari usia dini. Sehingga tidak dapat dipungkiri membuat proses berfikir, tingkah laku, dan cara belajar generasi tersebut berbeda dengan generasi sebelumnya yang dikenal sebagai generasi Digital Imigrant. Pemanfaatan teknologi pada usia dini memberikan dampak positiv maupun negative. Pemanfaatan teknologi oleh anak usia dini butuh bimbingan dari orang tua. Karena teknologi tidak hanya menyajikan konten positive, namun di dalam teknologi juga terdapat aspek negative. Perlu dilakukannya filterisasi pemanfaatan teknologi bagi anak usia dini oleh orang tua. Jika dilakukan pengarahan pemanfaatan teknologi yang baik dan tepat oleh orang tua, maka teknologi dapat menjadi sebuah sarana belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini. Aplikasi bermain dan hiburan anak-anak banyak tersedia pada teknologi, dan tidak sedikit dari aplikasi permaianan dan hiburan yang tersaji pada gadget menggunakan bahasa inggris. Artikel ini berupa studi kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dan pedagogis. Berdasarkan tinjauan pustaka yang dilakukan, pemanfaatan teknologi oleh anak pra sekolah di era digital native dapat menambah pemerolehan bahasa inggris anak usia dini dalam bentuk vocabularry.Keyword : Gadget, Anak Usia Dini, Digital Native

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

e-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects about planning, application, and production of communications media for instruction, curriculum, educational technology and research development, tech trend, computer – supported in collaboratif learning, instructional, ...