E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 8, No 2 (2020): E-Tech

Perancangan Game Edukasi Berbasis Animasi Multimedia Belajar Huruf Hijaiyah Al-Qur’an Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Se-Kabupaten Solok

Thomson Mary (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Febria Azilda (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Heri Mulyono (STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada saat ini, menjadi kebutuhan manusia yang selalu menginginkan kemudahan-kemudahan akan fasilitas yang mendukung dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan sangat mudah. TPA menjadi tempat yang juga terpengaruh oleh perkembangan teknologi tersebut. TPA yang ada pada saat ini yang masih menetapkan pembelajaran model ceramah atau menual membuat siswa-siswa yang belajar disana menjadi bosan dan malas untuk belajar al-quran.Dengan ditemukan masalah pada TPA tersebut maka dibuatlah sebuah sistem belajar dengan menggunakan game yang dapat memberi solusi kepada guru TPA dalam mengajar anak TPA yang memiliki daya tangkap lemah dalam proses pembelajaran model ceramah atau manual. Game edukasi yang akan dirancang nantinya menggunakan metode SDLC Waterfall, dengan bahasa pemograman Javascript yang terhubung pada Adobe Flash CS3.Pada game edukasi terdapat pilihan menu game yang dapat dimainkan oleh siswa TPA, diantaranya menu play yang nantinya akan menyediakan pilihan menu game mana yang akan dimainkan.Keywords: Game Edukasi, TPA, Javascript, SDLC Waterfall

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

e-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects about planning, application, and production of communications media for instruction, curriculum, educational technology and research development, tech trend, computer – supported in collaboratif learning, instructional, ...