KUMARA CENDEKIA
Vol 8, No 3 (2020): Kumara Cendekia

Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pop-Up Picture Book Anak Usia 4-5 Tahun

Richna Nisrina (PG PAUD UNS)
Warananingtyas Palupi (PG PAUD UNS)
Adriani Rahma Pudyaningtyas (PG PAUD UNS)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melaluiĀ  penggunaan media pop-up picture book anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah 34 Karangturi dan dilaksanakan selama 8 bulan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dan berjumlah 17 anak. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari anak, guru, hasil penilaian, dan sumber data sekunder terdiri dari dokumentasi selama kegiatan pembelajaran, rencana pembelajaran. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan tes, dan teknik pengumpulan data kualitatif meggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kualitatif menggunakan model interaktif. Indikator yang digunakan pada penelitian ini meliputi: 1) Membilang benda 1-10; 2) Menunjukkan urutan objek benda dengan lambang bilangan 1-10; 3) Memasangkan objek benda dengan lambang bilangan 1-10; 4) Membedakan jumlah benda yang lebih banyak dan lebih sedikit. Hasil penelitian yang diperoleh pratindakan dengan rata-rata klasikal yaitu 29% atau sebanyak 5 anak tuntas. Siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal yaitu 53% atau sebanyak 9 anak tuntas, hal ini dikarenakan aturan yang dibuat oleh guru agar kelas kondusif. Siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal 82% atau sebanyak 14 anak tuntas, hal ini dikarenakan perbedaan kegiatan pembelajaran dan pemisahan konsep bilangan 1-5 terlebih dahulu lalu dilanjutkan 6-10. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up picture book dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Aisyiyah 34 Karangturi Tahun Ajaran 2019/2020

Copyrights © 2020