KUMARA CENDEKIA
Vol 9, No 1 (2021): Kumara Cendekia

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Nimas Ayu Mar'atun Sholikhah (PG PAUD UNS)
Nurul Kusuma Dewi (PG PAUD UNS)
Vera Sholeha (PG PAUD UNS)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media pembelajaran audio visual pada anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di TK YPAB Permata Hati Surakarta pada tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian adalah anak usia 5–6 tahun (kelompok B). Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan observasi, sedangkan data kualitatif menggunakan wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis menggunakan analisis komparatif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif. Hasil penelitian secara klasikal: terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak usia dini yaitu terjadi peningkatan persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 26,66%, siklus I sebesar 53,33%, dan siklus II sebesar 80%. Kesimpulan: penerapaan media pembelajaran audio visual meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: kemampuan berbicara, media pembelajaran audio visual 

Copyrights © 2021