Jurnal Pendidikan Sains
Vol 8, No 3: September 2020

Needs Analysis for Mobile Learning of Plant Structure and Development Topic

Ahya Mujahidin (Biology Education-Universitas Negeri Malang)
Murni Sapta Sari (Biology Education-Universitas Negeri Malang)
Suhadi Suhadi (Biology Education-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Abstract: Digital media has the potential to support learning, such as Mobile Learning. The fact show that students currently have not matched their ability to use digital media for the sake of obtaining information. The purpose of this study was to analyze the media learning needs of Plant Structure and Development material. This type of research is descriptive qualitative with observations and surveys. Research instruments in the form of observation sheets and questionnaires. This research was conducted from July to September 2019 at the Biology Education Study Program, FMIPA, UM. The research subjects consisted of 33 students and 1 lecturer. The technique of determining the sample using purposive sampling. The results showed that the subject of Plant Structure and Development requires Mobile Learning media.Abstrak: Media digital berpotensi mendukung pembelajaran, seperti Mobile Learning. Fakta menunjukkan bahwa mahasiswa saat ini belum mengimbangi kemampuannya menggunakan media digital untuk kepentingan memperoleh informasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran materi Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan observasi dan survei. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan kuisioner. Penelitian ini dilakukan bulan Juli sampai September 2019 pada Prodi Sarjana Pendidikan Biologi, FMIPA, UM. Subjek penelitian terdiri dari 33 mahasiswa dan 1 dosen. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan membutuhkan media Mobile Learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...