Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2021): RANGE Januari 2021

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA SMP KELAS VII DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Bikolo, Kristina Hildegardis (Unknown)
Amsikan, Stanislaus (Unknown)
Klau, Kondradus Yohanes (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi aritmatika sosial menggunakan pendekatan Problem Based Learning bagi siswa SMP kelas VII. Selain itu juga untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari LKS yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa. Hasil penelitian pengembagan ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid, mendapatkan rata-rata skor 4,72 dengan klasifikasi sangat baik oleh ahli materi dan rata-rata skor 4,40 dengan klasifikasi sangat baik oleh ahli media. (2) LKS dinyatakan praktis, mendapatkan rata-rata skor 4,87 dengan klasifikasi sangat praktis melalui angket respon siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...