Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 4 No. 2 (2020): OPTIKA

PENGGUNAAN MEDIA PHET (Physics Education Technology) PADA PEMBELAJARAN GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP

Asiyah Handayanti (Universitas Jember)
Indrawati I (Universitas Jember)
Iwan Wicaksono (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama pada materi getaran dan gelombang dan mengkaji pengaruh simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII B dan VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang didapatkan dari hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil dari uji normalitas untuk kelas kontrol dan eksperimen diperolah nilai signifikan > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal sedangkan untuk uji independent sample t test nilai signifikannya < 0,05 yang artinya ada pengaruh signifikan penggunaan simulasi PhET  sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...