Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 4 No. 2 (2020): OPTIKA

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA DALAM MENYUSUN SILABUS BERKARAKTER MELALUI BIMTEK DI SMP NEGERI 4 WOLOWARU

Petrus Anton Tage Saka (SMP Negeri 4 Wolowaru)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kompetensi guru IPA kelas VIII dalam menyusun silabus dengan memasukan nilai karakter melalui bimtek di Sekolah Mengenah Pertama Negeri 4 wolowaru. Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi peserta didikĀ  agar menjadi pribadi yang baik. Kompetensi guru IPA terus ditingkatkan melalui sebuah pelatihan atau bimbingan teknis sehingga benar-benar menghasilkan guru yang berkualitas secara administrasi dan juga secara tindakan nyata dalam proses pembelajaran di kelas. Semakin banyak bimbingan yang diberikan kepada para guru maka semakin besar pula perubahan yang dialaminya sehingga inilah yang dinamakan guru berkompetensi atau profesional. Silabus mata pelajaran sebagai sebuah kelengkapan yang tidak terpisah dari guru untuk dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Silabus mata pelajaran yang harus dimiliki oleh guru adalah silabus mata pelajaran yang telah memenuhi sistematika yang benar sesuai dengan standar isi BSNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah 2 orang guru IPA kelas VIII SMP negeri 4 wolowaru tahun pelajaranĀ  2020/2021. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kompetensi guru IPA kelas VIII dalam menyusun silabus melalui bimtek di SMP negeri 4 wolowaru sebesar 37,50%, terlihat dari kondisi awal siklus I sebesar 62,50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hal ini menunjukann bahwa silabus tersebut telah memenuhi kriteria sesuai sistematika yang benar dan juga telah memasukan nilai-nilai karakter kedalam silabus mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...