Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2020)

Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Kelas XI SMK

Dermawan, Dermawan (Unknown)
Fahmi, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis WEB pada mata pelajaran pembuatan busana industry kelas XI SMK. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembanagan Four-D dalam mengembangkan E-modul. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Busana. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif statistik kualitatif dan deskriptif statistik kuantitatif. Hasil penelitian yaitu validitas E-modul berbasis web dinyatakan valid dengan nilai 0,84 > 0,67, Praktikalitas E-modul berbasis web dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 88 dan berdasarkan respon siswa E-modul dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 84. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis web dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dan efektif meningkatkan aspek pengetahuan siswa dilihat dari hasil tugas pembuatan busana rumah anak yang dihasilkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...