Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengunaan media pembelajaran yang digunakan guru TK saat pembelajaran membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu guru juga dominan menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengembangkan media video untuk pengenalan karir di taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari lima tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan utama, dam revisi produk. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi , wawancara, dan studi kepustakaan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dalam penelitian pengembangan video pengenalan karir terdiri analisis data kualitatif dan data persentase. Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil uji validitas, ahli materi pembelajaran, dan ahli validasi calon pengguna dinyatakan bahwa media video pengenalan karir TK dikategorikan sangat baik, dan tidak perlu direvisi. Media video pengenalan karir telah memenuhi kriteria aspek kelayakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media video pengenalan karir dapat diterapkan untuk proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020