Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran deep dialogue/critical thingking terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMAN 1 Meurebo. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh kelas X SMAN 1 Meurebo dan sampelnya adalah peserta didik kelas X MIA1 sebagai kelas yang diberikan model pembelajaran deep dialogue critical thingking. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, pedoman wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu 65% antara model pembelajaran deep dialogue critical thingking terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Setelah didapat nilai a dan b maka persamaan regresi liniernya yaitu. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang diterapkan maka nilai dari t hitung yaitu 4,01. Apabila dibandingkan dengan taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 24 - 2 = 22 yaitu 1,72. Dapat diketahui bahwa t hitung ˃ t tabel yakni 4,01 ˃ 1,72 berarti H1 diterima. Artinya, apabila guru menggunakan model pembelajaran deep dialogue critical thingking dalam proses belajar mengajar maka kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X MIA1 SMAN 1 Meurebo pada materi pokok persamaan nilai mutlak linier satu variable akan lebih baik.
Copyrights © 2020