Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa yang berasal dari Kelas VII.7 yaitu subjek kemampuan tinggi, subjek kemampuan sedang, dan subjek kemampuan rendah. Penentuan subjek berdasarkan hasil dari nilai jawaban Tes Pemecahan Masalah Matematis I (TPMM I) dan kemampuan mengemukakan argumen di mana Kelas VII.7 dipilih sebagai kelas subjek. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes Pemecahan Masalah Matematis (TPMM) dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) siswa kemampuan tinggi (SKT) dalam menyelesaikan masalah memiliki pemecahan masalah yang sangat baik; (2) siswa kemampuan sedang (SKS) dalam menyelesaikan masalah memiliki pemecahan masalah yang cukup; dan (3) siswa kemampuan rendah (SKR) dalam menyelesaikan masalah memiliki pemecahan masalah yang sangat kurang
Copyrights © 2021