Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2020)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP OIKUMENE KENDARI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK ALJABAR

Misliani Bungasari (Universitas Halu Oleo)
Ikman Ikman (Universitas Halu Oleo)
La Arapu La Arapu (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Oikumene Kendari melalui penggunaan media pembelajaran Kotak Aljabar.Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 16 orang.Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan skenario pembelajaran oleh guru pada siklus I mencapai rata – rata 88,55% dan pada siklus II mencapai 97,43%. Sedangkan keterlaksanaan skenario pembelajaran oleh peserta didik pada siklus I mencapai rata – rata 70,06% dan  pada siklus II mencapai 90,02%. Hasil evaluasi tes siklus I ketuntasan secara klasikalmencapai 62,50% . Hal ini berada pada kategori kurang baik karena belum memenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu . Sedangkan untuk Tes siklus II ketuntasan mencapai 87,50%, hal ini menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik telah berada pada kategori cukup. Disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kotak Aljabar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Oikumene Kendari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...