Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR)
Vol. 1 No. 2 (2020): Agustus 2020

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN KEPERCAYAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UKM KHARISMA SEJAHTERA

Putri, Kartika Anggraeni Sudiono (Unknown)
Vania, Amelindha (Unknown)
Fikriah, Nur Laili (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan melalui kepercayaan pelanggan di UKM Kharisma Sejahtera Kota Malang. Ruang lingkup penelitian ini ditekankan pada pengalaman pelanggan yang membeli produk Agaric, baik Agaric Pure, Agaric Nodibet atau Agaric Tea di UKM Kharisma Sejahtera di Malang terutama yang berkaitan dengan kualitas layanan, kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ini adalah sebesar 89 responden dan analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa dimensi kualitas layanan yaitu Wujud Fisik (X1), Keandalan (X2), Jaminan (X3), Kecepatan (X4) dan Empati (X5) berpengaruh signifikan pada kepercayaan pelanggan (Y1) dan kepuasan pelanggan (Y2) ditunjukkan dengan nilai signifikansi tersebut kurang dari alpha 0,05 sedangkan dimensi kualitas layanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui kepercayaan pelanggan ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar yaitu sebesar 0,308.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiemar

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The aim of JIEMAR ( Journal of Industrial Engineering & Management Research is to publish theoretical and empirical articles that are aimed to contrast and extend existing theories, and build new theories that contribute to advance our understanding of phenomena related with industrial engineering ...