Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 3, No 1 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TASK-THINK-DISCUSSION BERBANTUAN GROUP WHATSAPP UNTUK MENGOPTIMALKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB MAHASISWA BARU

., Bistari Basyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sikap tanggung jawab mahasiswa baru selama perkuliahan geometri datar di semester satu. Mahasiswa baru sebagian besar masih belum mempunyai kematangan dengan gaya belajar perguruan tinggi dan masih dalam penyesuaian kehidupan kampus. Melalui penugasan yang terencana dan dimonitoring, lalu mengkondisikan mareka untuk berpikir individual maupun kelompok serta memanfaatkan media social yakni group WhasApp, maka diharapkan sikap tanggung jawab dapat dioptimalkan. Indikator tanggung jawab yang dikaji, yaitu: (1) menyerahkan tugas tepatwaktu; (2) mengerjakan sesuai petunjuk; (3) mengerjakan tugas berdasarkan hasil karya sendiri; (4) mengerjakan tugas dengan baik; (5) cocok antara kata dan perbuatan. Kajian dilakukan dengan cara membuat rencana pembelajaran, mendiskusikan pada observer sebelum pelaksanaan, pelaksanaan dengan diamati oleh dua observer, refleksi hasil pelaksanaan, dan merencanakan untuk kegiatan berikutnya sambil membenahi kelemahan kegiatan sebelumnya. Setelah dilakukan dua siklus, diperoleh 4 indikator dari 5 indikatortersebut terjadi peningkatan. Hasil yang diperoleh dari 28 mahasiswa untuk masing-masing indikator sebagai berikut. Menyerahkan tugas tepat waktu dari 93% menjadi 96%. Mengerjakan sesuai petunjuk dari 64% menjadi 79%. Mengerjakan tugas berdasarkan hasil karya sendiri dari 54% menjadi 71%. Mengerjakan tugas dengan baik dari 67% menjadi 86%. Cocok antara kata dan perbuatan dari 70% menjadi 60%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...