Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 4, No 1 (2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

., Eka Teni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal diantaranya  Berdasarkan  tes kemampuan membaca dan hasil analisis yang dilakukan oleh guru, menunjukkan hasil yang kurang memuaskan yaitu dari 18 siswa hanya 4 ( 22% ) siswa  yang bisa membaca dengan lancar, 8 atau ( 44% ) siswa yang membaca dengan cara mengeja kemudian  merangkaikannya menjadi kata, dan ada 6 atau ( 34% ) siswa yang masing  mengalami kesulitan untuk membedakan huruf d dan  b, huruf l dan r, huruf p dan t, mereka sudah bisa mengeja huruf menjadi suku kata tetapi belum mampu merangkaikannya menjadi kata yang dimaksudkan. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan kemampuan guru menyususn RPP dan melaksanakan kegiatan pembelajaran serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas I SDN 7 Pendawan setelah menggunakan media kartu kata bergambar. Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dilakukan PTK dengan menggunakan media kartu kata bergambar.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Pendawan pada siswa kelas I sebanyak dua siklus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil test kemampuan membaca dan lembar pengamatan. Hasil tes kemampuan membaca siswa dan tingkat ketuntasan juga mengalami peningkatan. Analisis hasil tes kemampuan membaca pada siklus I adalah 72,57 dan siklus II 87,15, sedangkan ketuntasan rata-rata kemampuan membaca siswa siklus I adalah 66,67% dan siklus II 87,15%. Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu katabergambar  dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN7 Pendawan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...