Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada pokok bahasan kesetimbangan kimia di kelas XI MIA SMAN 4 Pekanbaru. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen yang rancangan penelitiannya yaitu randomized control group pretest-posttest. Populasi terdiri dari 3 kelas dan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak setelah dilakukan uji homogenitas. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran ARIAS sedangkan kelas kontrol tidak diterapkan model pembelajaran ARIAS. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan, berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 6.04>1,67 artinya penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan Keseimbangan Kimia di kelas XI MIA SMAN 4Pekanbaru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021