JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 14, No 1 (2021): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 14 Nomor 1 Februari

LKS BERBASIS STEM YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Jaenudin Jaenudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isna Rafianti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Novaliyosi Novaliyosi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Devi Sutini Martha (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dan kurangnya variasi bahan ajar yang dapat membekali siswa untuk menghadapi tantangan abad 21 termasuk memuat aktifitas pendukung pengembangan Lembar kerja siswa didalamnya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan produk Lembar Kerja Siswa berbasis STEM untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pelajaran matematika; (2) mengetahui respon siswa mengenai penggunaan LKS tersebut dalam pembelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadopsi model pengembangan (Research & Depvelopment) ADDIE. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu mengetahui Analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan Evaluasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa  : (1) telah dihasilkan Lembar Kerja Siswa matematika dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang layak digunakan ditinjau dari hasil uji validasi oleh ahli dengan presentase kelayakan mencapai 83,33%  berada pada interval lebih dari 3,40 yaitu 4,16 dengan kriteria sangat baik: dan (2) kualitas LKS berdasarkan respon siswa menunjukan kriteria sangat kuat dengan presentase 83,33%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...