PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 8, No 1 (2021): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

MEDIA PEMBELAJARAN, FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19

Indah Dwi Setyorini (Surabaya State University)
Siti Sri Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini menuntut siswa melaksanakan pembelajaran dengan sistem online yang didukung dengan media pembelajaran yang disediakan oleh guru, fasilitas yang cukup mendukung dan lingkungan belajar yang kondusif agar hasil belajar siswa meningkat. Riset ini bertujuan untuk mengetahui dampak secara parsial variabel independen kepada variabel dependen. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa OTKP SMK IPIEMS pada mata pelajaran OTK Keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Metode analisis regresi linier berganda. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability Sampling dengan jenis random sampling yang mana pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa melihat jenjang. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 53 siswa. Hasil yang didapat menyimpulkan bahwa secara parsial tiap variabel independent mempunyai pengaruh yang signifikan kepada hasil belajar yaitu memiliki nilai uji- t media pembelajaran 0,36<0,05; fasilitas belajar 0,22<0,05 dan lingkungan belajar 0,36<0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...