JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 4, No 2 (2020)

PERAN EFIKASI DIRI TINGGI DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PROGRAM LINEAR

ELOK FAIK KHOTUN NIHAYAH (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Efikasi Diri tingkat tinggi dalam membentuk kemampuan berpikir kreatif matematika pada mata kuliah program linear. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket efikasi diri, tes kemampuan berpikir kreatif matematika, dan pedoman wawancara. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yakni memeriksa data dari beberapa subjek dengan menggunakan teknik yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri tinggi memiliki peran dalam membentuk kemampuan berpikir kreatif matematika yang ditandai dengan kemampuan subjek dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematika dengan baik dan benar, serta memenuhi indicator kemampuan berpikir kreatif matematika, yakni: (1) berpikir lancar, (2) berpikir luwes, (3) berpikir asli, dan (4) berpikir rinci. Peran tersebut juga nampak dari hasil wawancara kepada subjek yang memiliki tingkat efikasi diri tinggi. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa, mahasiswa: (1) menunjukkan rasa percaya diri dalam menyelesaikan berbagai masalah program linear yang diberikan, (2) menunjukkan berbagai respon terhadap banyaknya tugas serta kesulitan belajar matematika yang mereka hadapi, dan (3) menunjukkan sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan masalah program linear. Sehingga, sikap-sikap tersebut mampu membentuk kemampuan berpikir kreatif matematika khususnya pada mata kuliah program linear.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...