JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
Vol 7, No 1 (2020)

Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Pendekatan Saintifik

Sri Maryati (Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Hardila Hardila (Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Fitryane Lihawa (Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah modul geografi berbasis pendekatan saintifik pada materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development. Penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu definisi, desain, dan pengembangan. Tahap definisi meliputi analisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis materi pembelajaran, dan perumuskan tujuan belajar. Tahap desain berupa perancangan modul dengan hasil berupa draft modul pembelajaran. Tahap pengembangan terdiri dari uji validilitas dan ujicoba modul pada peserta didik. Hasil uji coba terbatas dengan hasil 84,8% dengan kategori sangat baik, sedangkan uji coba general dengan hasil 84,6% dengan kategori sangat baik.  Berdasarkan hasil penelitian, modul pembelajaruan geografi berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat digunakan di sekolah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

JPG (Jurnal Pendidikan Geografi) publishes articles from research in the field of geography and geography education, which have not been published elsewhere. This journal is periodically published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung ...