Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2021): May

Efektifitas Perkuliahan dengan Zoom Cloud Meeting Masa Pandemi Covid-19 pada Pemahaman Konsep Termodinamika

Syahrial Ayub (Universitas Mataram)
Muhammad Taufik (Universitas Mataram)
Aris Doyan (Universitas Mataram)
Sutrio Sutrio (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
09 May 2021

Abstract

Termodinamika adalah salah satu matakuliah yang mengharuskan penjelasan oleh dosen, karena tingkat kesulitannya. Pandemi Covid-19 memaksa perkuliahan dilaksanakan secara daring dan tidak memungkinkan dilakukan tatap muka di kelas. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting. Tujuan penelitian adalah menentukan keefektifan penggunaan aplikasi zoom cloud meeting pada perkuliahan termodinamika di program studi pendidikan fisika Universitas Mataram. Kegiatan ini dilakukan pada 29 mahasiswa semester IV kelas A semester genap tahun 2019/2020 dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Kemampuan pemahaman konsep termodinamika diukur menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 25 item. Instrumen tes yang digunakan telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data pemahaman konsep termodinamika dianalisis secara statistik dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t paired (paired t-test). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan zoom cloud meeting pada perkuliahan termodinamika efektif dalam menanamkan konsep termodinamika. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan sebaiknya perkuliahan selama pandemi Covid-19 dilaksanakan secara tatap muka dengan zoom cloud meeting, terutama untuk materi-materi yang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi dan butuh penjelasan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...