Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

PENGEMBANGAN LKPD BERDASARKAN INVENTARISASI CAPUNG UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES DASAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA 2 SMA N 7 BENGKULU UTARA

Rani Hidayanti (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Irwandi Ansori (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Yennita Yennita (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan inventarisasi capung untuk mengukur keterampilan proses dasar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 7 Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dengan instrumen yang digunakan berupa lembar angket (kuesioner) untuk tiga orang validator (dua orang dosen pendidikan Biologi Universitas Bengkulu dan satu orang guru Biologi SMA N 7 Bengkulu Utara) dan lembar keterbacaaan untuk peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator LKPD yang disusun memperoleh hasil persentase rata-rata skor 88% (kategori sangat layak) dan 98,5% dalam uji keterbacaan oleh 27 peserta didik kelas X IPA2 SMA N 7 Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa desain LKPD yang disusun layak digunakan sebagai bahan ajar materi Keanekaragaman Hayati.Kata kunci: Capung, Inventarisasi, Pengembangan LKPD. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...