Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI TUMBUHAN (PLANTAE) KELAS X MIPA MAN 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU

Rina Melati (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Mareta Widya (Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP PGRI Lubuklinggau)
Linna Fitriani (Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP PGRI Lubuklinggau)
Poppy Antika Sari (Program Studi Tadris IPA, IAIN Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan booklet  berbasis kearifan lokal pada materi tumbuhan (Plantae). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, lembar tes, dan lembar wawancara. Produk penelitian ini berupa booklet  siswa berbasis kearifan lokal pada materi tumbuhan (Plantae) kelas X MIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas booklet  dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 3,39; (2) kualitas booklet  dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 3,56; dan (3) booklet  memiliki efek (keefektifan) terhadap hasil belajar siswa dimana 34 siswa (87,2%) di kategorikan tuntas sedangkan ada 5 siswa (12,8%) belum tuntas dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang ditetapkan sekolah minimal siswa mendapat nilai 75. Kesimpulan penelitian ini yaitu booklet  yang dikembangkan dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran biologi siswa kelas X MIPA MAN 1 (Model) Lubuklinggau dan guru biologi pada materi tumbuhan (Plantae).Keywords: Booklet , Kearifan lokal, Tumbuhan (Plantae) 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...