Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 5 No 1 (2021)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KERAGAMAN TANAMAN OBAT DI DESA MARGOMULYO BENGKULU TENGAH

Farameta, Efa (Unknown)
Yani, Ariefa Primair (Unknown)
Singkam, Abdul Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkanĀ  keragaman tanaman obat di Desa Margomulyo Bengkulu Tengah. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu 1) Tahap uji kelayakan yang dilakukan oleh tiga orang validator; dan 2) Tahap uji respon terhadap 24 orang peserta didik. Subjek uji coba penelitian ini adalah tiga orang validator yang terdiri dari satu Dosen Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu dan dua guru Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA), serta peserta didik kelas X MIPA3 SMAN 1 Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan adalah lembar angketĀ  untuk tiga orang validator dan 24 orang peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun dinyatakan sangat layak oleh validator dengan rata-rata skor 91%. Uji respon terhadap 24 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Bengkulu Tengah juga mendapatkan respon yang sangat baik dengan rata-rata skor 90,6%. Berdasarkan uji validasi dan uji respon tersebut LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar materi Keanekaragaman Hayati kelas X tingkat SMA.Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Keragaman, Tanaman Obat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...