Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel penelitian ini adalah model embelajran berbasis masalah dan hasil belajar kognitif dan psikomotor. Subjek penelitian yaitu guru dan seluruh peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif siklus I yaitu 70,37% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,48% (tuntas). Hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I diperoleh rata-rata skor yaitu 14,8 (Cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15,6 (Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara.Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Copyrights © 2021