Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE

Prendi Niki Halhaji (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Irdam Idrus (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Sri Irawati (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model koperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media puzzle di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi penilaian hasil belajar ranah psikomotor. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I yaitu 59,37% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% (tuntas). Sedangkan dalam ranah psikomotor pada siklus I dengan rerata skor hasil belajar psikomotor peserta didik dari 13,81 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 14,86.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  model tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan.Kata Kunci           : Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...