Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM

Aulia Agrindha Ulfah (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Dewi Jumiarni (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Yennita Yennita (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif yaitu 53,12% di siklus I menjadi 75% di siklus II. Sedangkan ranah psikomotor rerata skor pada siklus I adalah 9,28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 10,63 dengan kategori baik. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan pada Kelas VIIB SMPN 22 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Discovery Learning pada materi Sistem Koordinasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...