Penelitian ini bertujuan menerapkan asesmen kinerja yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja kelompok mahasiswa dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta untuk mendapatkan bentuk atau model asesmen alternatif yang tepat bagi peningkatan produktivitas kerja kelompok mahasiswa dalam perkuliahan Telaah Kurikulum Biologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus yang setiap siklusnya terdiri atas 3 tahap yaitu 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pelaksanaan tindakan dan observasi serta evaluasi, dan 3) Tahap refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan asesmen kinerja dalam perkuliahan telaah kurikulum mampu meningkatkan profil produktivitas kerja kelompok mahasiswa yang dapat dilihat dari kenaikan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam diskusi mengalami kenaikan, jika sebelum penerapan asesmen kinerja keterlibatan mahasiswa hanya 20,13% meningkat menjadi 76,56 %. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal mahasiswa sebesar 65,625%, dan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal mahasiswa sebesar 93,75%, terjadi kenaikan sebesar 28,125%.Kata kunci : Asesment Kinerja, Kerja Kelompok, Telaah Kurikulum
Copyrights © 2021