Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN STUDI KEANEKARAGAMAN JAMUR MARKOSKOPIS DI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT

Linda Gustia (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Ariefa Primair Yani (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Sri Irawati (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan studi keanekaragaman jamur makroskopis di tandan kosong kelapa sawit PT Sandabi Indah Lestari.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 08 Bengkulu Utara sementara objek penelitian ini adalah LKPD. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Instrumen yang digunakan lembar angket untuk empat orang validator (dua orang Dosen Pendidikan Biologi dan dua guru Biologi), dan lembar tes untuk peserta didik. Analisis data validasi logis LKPD menggunakan skala likert. Teknik analisis data validasi empiris LKPD dengan menilai soal tes yang ada di LKPD yang telah dikerjakan kepada peserta didik. Nilai tersebut dirata-ratakan kemudian disesuaikan dengan kategori penilaian. Berdasarkan hasill validasi logis yang telah dilakukan, LKPD yang disusun memperoleh total persentase 81% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi empiris oleh peserta didik memperoleh nilai rata-rata 78,66% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil validasi logis dan validasi empiris tersebut, LKPD yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar oleh peserta didik kelas X pada materi fungi.Kata kunci: Jamur Makroskopis, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Tandan Kosong Kelapa Sawit

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...