Penelitian bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran pada matakuliah statistik dasar. Peningkatan difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan pendekatan matematika realistik berbasis budaya masyarakat Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020/2021 yang mengikuti matakuliah statistik dasar. Kelas yang dipilih sebagai subjek adalah kelas IA dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes komunikasi matematis berbentuk uraian. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik berbasis budaya masyarakat Bengkulu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada perkuliahan statistik dasar. Peningkatan ditunjukkan bahwa pada tes awal rata-rata kemampuan siswa sebesar 47,25 dan meningkat menjadi 60,25 pada siklus I dengan peningkatan sebesar 27,51%. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa mencapai 74,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,22%.
Copyrights © 2021