Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 6, No 1 (2021): JANUARI

Implementasi Pembelajaran Literature Based Menggunakan Metode Reciprocal dalam Meningkatkan Penguasaan Mahasiswa Terhadap Materi Mata Kuliah Studi Sosial Anak Usia Dini

Melia Eka Daryati (universitas bengkulu)
Didik Suryadi (universitas bengkulu)
Muhammad Hatta (Universitas Ratu Samban)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Masih rendahnya kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bacaan sebagai sumber belajar mengakibatkan proses pembelajaran dominan berlangsung secara direktif, padahal sumber bacaan sangat melimpah dan mudah diakses salah satunya melalui internet. Tujuan penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan metodologi pengembangan studi sosial pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Bengkulu. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model John Elliot. Subjek penelitian sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan tes penguasaan materi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi literature based menggunakan metode reciprocal dapat meningkatkan penguasaan materi studi sosial anak usia dini dari hasil diperoleh p = 0,001 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kemampuan mahasiswa sebelum (pretest) dan setelah siklus 1 serta siklus 2. Pengimplementasian pembelajaran literature based menggunakan metode reciprocal dapat meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap materi studi sosial anak usia dini

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...