Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lari karung. Subjek penelitian adalah guru dan anak di Kelompok B RA Al-Hikmah Kecamatan Poasia Kota Kendari berjumlah 15 orang. Berdasarkan analisis data, aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan sebesar 66,67% atau 8 aspek dari 12 aspek yang diamati, sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,67% atau 11 aspek dari 12 aspek yang diamati. Aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh presentase sebesar 66,67% atau 8 aspek dari 12 aspek yang diamati, sedangkan presentase ketuntasan aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,67% atau 11 aspek dari 12 aspek yang diamati. Berdasarkan hasil evaluasi tentang peningkatan motorik kasar anak melalui permainan lari karung menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yaitu siklus I diperoleh presentase sebesar 73,33% atau 11 dari 15 anak, sedangkan siklus II diperoleh presentase 93,33% atau 14 orang dari 15 anak.
Copyrights © 2021