SMAN 1 Raha adalah salah satu sekolah di Kota Raha yang menjadi objek penelitian karena hasil belajar geografinya yang masih terbilang rendah, hal ini dikarenakan kurang lebih hanya 60% siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Raha yang diajar dengan menerapkan model pembelajaan berbasis masalah; 2) mengetahui aktivitas mengajar guru di SMA Negeri 1 Raha yang diajar dengan menerapkan model pembelajaan berbasis masalah; dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Raha yang diajar dengan menerapkan model pembelajaan berbasis masalah. Data dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 3,7 berkategoi baik, aktivitas mengajar guru meningkat dengan skor rata-rata 3,6 berkategoi baik, dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Raha meningkat menjadi 97%  siswa  dengan nilai  ≥  72 sesuai dengan KKM yang ditentukan sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020