JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Number 2, September 2020

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA PADA MATERI ALJABAR

Novi Arti (STKIP Singkawang)
Citra Utami (STKIP Singkawang)
Nindy Citroresmi Prihatiningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2020

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dan ex post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan numerik dan motivasi belajar siswa,  hubungan yang signifikan antara motivasi belajar matematika dengan kemampuan numerik siswa sekelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang serta seberapa besar hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 141 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang dipilih yaitu kelas VIII D. Instrumen penelitian dilakukan dengan  angket motivasi belajar siswa dan tes kemampuan numerik siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kriteria kurva normal, persentase rata-rata indikator motivasi dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan Program SPSS Statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kemampuan numerik siswa tergolong tinggi, (2) motivasi belajar siswa tergolong tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar  dengan kemampuan numerik siswa yaitu sebesar 46 %.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...