INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Klasifikasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma Naïve Bayes

Muhammad Siddik (Institut Binis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Hendri Hendri (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Ramalia Noratama Putri (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Yenny Desnelita (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Gustientiedina Gustientiedina (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2020

Abstract

Kualitas pelayanan terhadap mahasiswa merupakan peranan penting untuk kelangsungan suatu institusi pendidikan. Mahasiswa merupakan titik sentral pengelolaan perguruan tinggi sebagai pelanggan utama. Jika intitusi pendidikan memiliki kualitas pelayanan yang baik, dengan sendirinya tercapai kepuasan mahasiswa. Peneliti sebelumnya telah melakukan penelitian terhadap pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Namun penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya hanya sebatas untuk mengetahui tingkat pengaruh layanan terhadap kepuasan mahasiswa. Belum ada peneliti yang melakukan penelitian terhadap klasifikasi kepuasan mahasiswa. Metode data mining yang digunakan untuk melakukan klasifikasi data adalah naïve bayes classifier. Metode naïve bayes memiliki nilai perfoma yang baik. Kelebihan dari metode naïve bayes yaitu, sangat sederhana, mudah untuk digunakan dan cepat. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah 213 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Riau. Hasil pengujian klasifikasi menggunakan naïve bayes adalah accuracy 96,24%, precission 93,14 %, dan recall 98,96%.

Copyrights © 2020