JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 4 No 1 (2020): JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020

Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Peserta Didik SMP Negeri 6 Kota Parepare

Mujahidin Mujahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2020

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar pelajaran akan berjalan lancar apabila disertai minat dan motivasi peserta didik, sebab motivasi mempengaruhi tingkat keberhasilan atau kegagalan belajar bagi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam terhadap peserta didik SMP Negeri 6 kota Parepare dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan berusaha menangkap dan memahami fenomena yang ada. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam pada SMPN 6 Parepare dalam memotivasi belajar peserta didik adalah dengan pemberian Insentif ataupun penguatan, berupa: Memberi Pujian, Hadiah, Memberi angka, Memberi hukuman. Dalam hal persaingan, Menggunakan berbagai metode pengajaran dalam pembelajaran, dan Pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...