JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 3 (2020): Vol.8.No.3.2020

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Elok Wulandari (Universitas Negeri Surabaya)
Suryanti . (Universitas Negeri Surabaya)
Elok Sudibyo (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Keterampilan berpikir kritis sangat penting di era modern saat ini sehingga harus ditingkatkan dengan melakukan upaya seperti membuat bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan (1974) yang meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek pada tahap uji coba adalah siswa kelas VI-A yang berjumlah 10 siswa di SDN Sutorejo I/240 Surabaya. Instrumen menggunakan lembar observasi, angket dan tes berpikir kritis. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan gain score (skor peningkatan) pada nilai peserta didik antara pretest dan posttest. Setelah diberikan perlakuan hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang dilihat dari hasil gain score yang berada pada level sedang (b) Ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri berbantuan multimedia interatif terhadap ketertarikan siswa dalam pembelajaran yang dilihat dari hasil respon peserta didik yang rata-rata diatas 70%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...