Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Bahan Ajar IPA berbasis Teks Multimodal yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, design, develop, and disseminate), yang terbatas hanya sampai pada tahap ketiga (develop). Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes dan angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design uji coba ini dilakukan pada 34 siswa kelas IV MI Masjid Al Akbar Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bahan Ajar yang dikembangkan berkategori sangat valid; 2) Keterlaksanaan RPP berlangsung sangat baik dan lancar; dan 3) peningkatan literasi sains siswa meningkat dan siswa memberikan respon yang sangat positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA berbasis teks multimodal yang telah dikembangkan layak (valid, praktis dan efektif) serta dapat meningkatkan literasi sains siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021