Jurnal Inventa
Vol 3 No 2 (2019): Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pengaruh Media Ropitri Berbasis Realistic Mathematic Education Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Sifat Bangun Datar Kelas III SDN Krembung 1 Sidoarjo

Mufidah, Zulfin Rachma (Unknown)
Jupri, Al- (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media ropitri berbasis realistic mathematic education terhadap pembelajaran matematika materi sifat bangun datar. Pembelajaran matematika sangat berguna untuk siswa karena konsep matematika sangat dibutuhkan dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan matematika dalam kehidupan. Pembelajaran akan lebih bermakna jika dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan realistik agar sesuai dengan kondisi nyata kehidupan siswa. Maka dari itu peneliti mengujicobakan media ropitri yang berbasis realistic mathematic education untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pembelajaran matematika materi sifat bangun datar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Krembung 1 Sidoarjo. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji t-test dari hasil belajar siswa sebagai output dari sebuah pembelajaran, diperoleh nilai thitung sebesar -3,579, sedangkan ttabel db=51 pada taraf signifikansi 5%, diperoleh ttabel sebesar 2,007. Hal ini menunjukkan bahwa thitung berada di bawah nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga –t hitung (-3,579)< -t tabel (-2,007) dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu media Ropitri berpengaruh terhadap pembelajaran matematika materi sifat bangun datar pada siswa kelas III.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal_inventa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Inventa telah terbit online maupun cetak yang memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian, studi pustaka, pengamatan atau gagasan atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan bidang pendidikan sekolah dasar. ...