Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menjawab atau menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear tiga variabel dengan penggunaan Microsoft Excel  Madrasah Aliyah Nahdlatul ’Ulama Batang Toru Kelas X. Subjek penelitian adalah orang yang telah melaksanakan pembelajaran dalam menjawab soal sistem persamaan linear tiga variabel. Setelah data dikumpulkan dapat disimpulkan sebagai berikut: kemampuan pemecahan siswa karena prosedur tepat,terampilnya siswa terutama keterampilan menghitung, dan pengambilan data yang tepat. Selain itu, beberapa siswa masih kurang paham dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam hal ini, siswa bingung untuk menyelesaikan langkah-langkah soal, sebagian siswa langsung mengetahui apa yang akan dikerjakannya. Dari Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X IPA 1 melalui Microsoft Excel dengan pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem persamaan linear menunjukkan dari sebanyak 24 orang siswa terdapat 6 butir soal diperoleh presentase kemampuan soal nomor 1 sebanyak 55,66 % dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 2 sebanyak 38% dengan kriteria “rendah”, soal nomor 3 sebanyak 53,33% dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 4 sebanyak 59% dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 5 sebanyak 62,83% dengan kriteria ”tinggi”, soal nomor 6 sebanyak 59,5% dengan kriteria ”sedang”. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh presentase tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa dari yang tertinggi hingga yang terendah adalah terdapat kategori tinggi sebanyak 11 orang siswa atau 32,6% dari jumlah  24 siswa, dan kategori sangat tinggi sebanyak 13 orang siswa atau 51%  dari jumlah 24 siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021