RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5, No 2 (2020): Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling - JULI-DESEMBER 2020

DAMPAK DARI KECANDUAN GAME ONLINE DI KALANGAN REMAJA USIA 15–18 TAHUN DI KELURAHAN KAYUOMBUN

Muhammad Darwis (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Khairul Amri (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Hardy Reymond (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang dampak dari kecanduan Game Online di kalangan remaja usia 15–18 tahun di Kelurahan Kayuombun. Kecanduan game online merupakan salah satu jenis kecanduan yang disebabkan oleh teknologi internet. Internet  dapat  menyebabkan kecanduan, salah satunya adalah Computer game Addiction(berlebihan dalam  bermain  game).  Game  online merupakan bagian dari internet yang sering dikunjungi dan sangat digemari dan   bisa   menyebabkan   kecanduan yang memiliki intensitas yang sangat tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan instrumen untuk mengumpulkan data. peneliti memilih metode observasi partisipasi dan metode wawancara bertahap untuk mendapatkan data dari responden dan informasi dari informan secara mendalam. Hasil yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini adalah Gangguan tidur terjadi stimulasi berlebihan yang terjadi pada otak ketika anak bermain game online dalam jangka waktu yang panjang. Gangguan tidur yang biasa terjadi pada anak yang kecanduan game online antara lain insomnia, narcolepsy, sleep apnea, nocturnal myoclonus, dan parasomnia

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...