NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 1 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI PADA KELAS VII SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Rajab Ansari (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Yani Sukriah Siregar (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Andes Fuady Dharma Harahap (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Ali Nurdin Siregar (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Hasil dari perhitungan bahwa harga kritik r dengan N = 32 adalah 0,349 – 0,449 berarti rtabel sebesar 0,349 sedangkan rhitung sebesar 0,404. Untuk mengetahui data tersebut nyata atau tidak penulis mengukur kualitas data menggunakan tabel penolong dengan ketentuan, jika rhitung > rtabel maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima, sebaliknya jika rhitung < rtabel maka koefisien korelasi yang diuji adalah ditolak. Maka jika rhitung > rtabel berarti rhitung = 0,404 > rtabel 0,349 dengan hasil ini bahwa maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima dan sebaliknya jika rhitung < rtabel berarti rhitung sebesar 0,404 < rtabel 0,349 maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima. Berdasarkan dengan menggunakan tabel penolong bahwa penelitian ini adalah rhitung 0,404 < rtabel 0,349 atau (rhitung lebih besar dari pada rtabel) berarti hipotesa yang di uji diterima artinya bahwa pembelajaran berbasis e learning dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada bidang studi IPS di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan pada tahun pelajaran 2020-2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...