JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar

Herawati, Betty (Unknown)
Ahmad, Syarwani (Unknown)
Wahidy, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja guru mampu memberikan sumbangan pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Sampel berjumlah 41 orang guru yang diambil secara purposive sampling yaitu secara undian. Kuesioner digunakan sebagai instrumen pada penelitian ini. Data dianalisis menggunakan SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih; 2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih; 3) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih; 4) Lingkungan kerja dalam penelitian ini mampu memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih sebesar 19,4%; 5) Motivasi kerja guru dalam penelitian ini mampu memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih sebesar 36,4%; 6) Lingkungan kerja dan motivasi kerja dalam penelitian ini mampu memberikan sumbangan pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih sebesar 56,9%, sedangkan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak disebutkan di dalam penelitian ini

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...