JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) Di Kelas V Sekolah Dasar

Rahayu, Tika (Unknown)
Abidin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses belajar pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe CRH di kelas V SDN 04 Batu Putiah Pauh. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian guru dan siswa elas. Penelitian dilaksanakan dengan siklus I dua pertemuan dan siklus II satu pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan RPP pada siklus I dengan rata rata 79,15% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kualifikasi A. Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 83,33% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 95,88% dengan kualifikasi A, dan dari aspek siswa siklus I adalah 83,33% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 95,88% dengan kualifikasi A. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...